Senin, 22 Februari 2010

sistem e-lerning

Sistem e-Learning
Latar Belakang
Situs e-Learning hadir untuk mendukung majunya pelayanan di bidang pendidikan. Kehadiran situs e-Learning diharapkan mampu menjadi jembatan yang akan mempermudah mahasiswa menemukan dan melakukan pembelajaran bahan-bahan mata kuliah secara online termasuk ujian secara online. Tentu saja dengan semakin mudahnya mereka mengakses bahan-bahan mata kuliah tersebut diharapkan juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalam sebuah universitas tersebut.
Deskripsi
Situs e-Learning adalah situs sumber bahan pelajaran elektronik dimana mahasiswa dapat pelajari secara pribadi atau digunakan untuk kepentingan perkuliahan. Selain dapat di download, bahan-bahanyang ada juga dapat mahasiswa baca online GRATIS. Dengan media e-Learning dapat membantu mahasiswa melakukan ujian atau mengakses ataupun juga mendownload mata kuliah yang sedang di ujikan tanpa harus pergi atau masuk dalam kelas mata kuliah tersebut. Mahasiswa dapat langsung melihat hasil ujian yang telah mereka lakukan tanpa harus menunggu hasil dari dosen mata kuliah tersebut.
Dalam aplikasi e-Learning ini terdapat beberapa modul yang terbagi atas akses masing-masing pengguna, modul-modul tersebut adalah sebagai berikur:

1. Dosen / Pengajar
Dosen / Pengajar pada aplikasi e-Learning mempunyai kewajiban yang sama seperti pada proses KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) biasanya. Kewajiban Dosen / Pengajar adalah memberikan materi pelajaran, membimbing pembelajaran, konsultasi, pembobotan nilai prestasi belajar dan mempersiapkan soal ujian.

Modul – modul yang ada pada Dosen / pengajar adalah sebagai berikut:
- Profil: Didalamnya terdapat profil Dosen dan bisa merubah profil Dosen bersangkutan.
- Setting Materi: Modul ini berfungsi untuk melakukan Deskripsi materi, penentuan waktu tes baik tugas maupun ujian, penyiapan bahan ujian, dan pembobotan nilai.
- Evaluasi: Modul ini berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap tugas, quis dan ujian.
- Komunikasi: Modul ini berfungsi untuk melakukan proses komunikasi antara Dosen / Pengajar dan Mahasiswa, modul ini terdiri dari Konsultasi, Chatting dan Forum Diskusi.
- Alert System: Modul ini berfungsi untuk memberikan alert sistem atau reminder terhadap Dosen. Yang menjadi poin reminder nya adalah Konsultasi, tugas, quis dan Ujian.

2. Mahasiswa
Mahasiswa pada aplikasi e-Learning mempunyai kewajiban yang sama seperti pada proses KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) biasanya. Kewajiban mahasiswa adalah melakukan proses kegiatan belajar, dari mengambil materi sampai melakukan ujian untuk mendapat sertifikasiyang ditunjang dengan sarana komunikasi yang cukup dengan Dosen dalam kelancaran proses KBM nya.
Modul – modul yang ada pada Mahasiswa adalah sebagai berikut:
- Profil: Didalamnya terdapat profil mahasiswa dan bisa merubah profil bersangkutan.
- Materi: Modul ini berfungsi untuk melakukan list terhadap semua materi yang tersedia pada e-Learning yang nantinya akan diambil oleh siswa.
- Belajar: modul ini berfungsi untuk melakukan proses belajar yang mana proses nya terbagi dalam beberapa bab sesuai dengan materi yang tersedia setiap materi disertai dengan softcopy materinya yang bisa didownload. Selain itu siswa juga bisa mendapat fasilitas upload tugas dan melihat nilai prestasinya.
- Komunikasi: Modul ini berfungsi untuk melakukan proses komunikasi antara Dosen / Pengajar dan Mahasiswa, modul ini terdiri dari Konsultasi, Chatting dan Forum Diskusi.

Comments :

0 komentar to “sistem e-lerning”

 

Copyright © 2009 by BWAT TUGAS.